474 Views

Bahasa Pemrograman HTML & CSS (Part 1) – Pengertian & Sejarah HTML

html css jquery javascript
hai.. semua sobat belajar hebat bertemu lagi dengan saya kali ini saya akan memposting tentang pemograman html. pasti anda berpikir apa itu html? dan bagaimana sejarah html?. oke langsung kita bahas saja satu persatu saja!!

Pengertian

HTML ( Hyper Text Markup Language ) didefiniskan sebagai sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi dalam sebuah browser internet. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan didunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML ( Standard generalized Markup Language ), HTML adalah sebuah standard yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standard internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).

HTML berupa kode-kode tag yang menginstrusikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla firefox atau aplikasi pembuka email ataupun dari PDA dan program lain yang memiliki kemampuan browser.HTML dokumen tersebut mirip dengan dokumen teks biasa, hanya dalam dokumen ini sebuah teks biasa memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu.

Sejarah

Tahun 1980, IBM memikirkan pembuatan suatu dokumen yang akan mengenali setiap elemen dari dokumen dengan suatu tanda tertentu. IBM kemudian mengembangkan suatu jenis bahasa yang menggabungkan teks dengan perintah-perintah pemformatan dokumen. Bahasa ini dinamakan Markup Language, sebuah bahasa yang menggunakan tanda-tanda sebagai basisnya. IBM menamakan sistemnya ini sebagai Generalized Markup Language atau GML.

Tahun 1986, ISO menyatakan bahwa IBM memiliki suatu konsep tentang dokumen yang sangat baik, dan kemudian mengeluarkan suatu publikasi (ISO 8879) yang menyatakan markup language sebagai standar untuk pembuatan dokumen-dokumen. ISO membuat bahasa ini dari GML milik IBM, tetapi memberinya nama lain, yaitu SGML (Standard Generalized Markup Language). ISO dalam publikasinya meyakini bahwa SGML akan sangat berguna untuk pemrosesan informasi teks dan sistem-sistem perkantoran. Tetapi di luar perkiraan ISO, SGML dan terutama subset dari SGML, yaitu HTML juga berguna untuk menjelajahi internet. Khususnya bagi mereka yang menggunakan World Wide Web. Versi terakhir dari HTML saat ini adalah HTML5.

Perkembangan HTML

HTML VERSI 1.0
HTML VERSI 2.0 (22 september 1995)
HTML VERSI 3.0 (18 desember 1997)
HTML VERSI 3.2 (14 januari 1996)
HTML VERSI 4.0 (18 desember 1997)
HTML VERSI 4.1 (24 desember 1999)
XHTML VERSI 1.0 (20 januari 2000)
HTML 5 (22 januari 2008 [final])

Oke sekian dari saya semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Pada tutorial berikutnya adalah struktur yang ada di HTML.

SALAM HEBAT

Share
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply